Wonogiri : PKS, PD & PG kembali merapat


Wonogiri-
Sempat dikabarkan mengusung calon sendiri, koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD) Wonogiri menegaskan komitmennya untuk tetap membentuk koalisi besar bersama Partai Golkar.

Mereka bahkan sudah menyiapkan mekanisme pendaftaran calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup).

Dalam mekanisme tersebut, seperti dijelaskan anggota Tim 11 PKS yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri, Ngadiyono, kepada Espos, Minggu (28/3), pendaftaran akan dilakukan terpisah antara Cabup dan Cawabup. Demikian pula dengan verifikasi dan penilaiannya sesuai kriteria yang ditentukan koalisi.

”Selanjutnya, dari hasil penilaian itu akan dibawa oleh masing-masing partai anggota koalisi ke pimpinan pusat untuk dimintakan rekomendasi. Hasil rekomendasi itu akan dibahas bersama untuk ditentukan pasangan mana yang akan diusung,” jelas Ngadiyono.

Ngadiyono mengungkapkan, sejauh ini sudah ada sejumlah tokoh yang melakukan pendekatan. Di antaranya, Sutadi, Warsono dan Haryanto. Dia mengatakan, pihaknya tidak menutup peluang bagi calon yang sudah mendaftar ke partai lain namun tidak mendapat rekomendasi dari pimpinan pusat.

Diterima

Asalkan masih dalam batas masa pendaftaran, tegasnya, siapa pun calon yang mau mendaftar akan tetap diterima. Tinggal nanti mekanisme dan proses verifikasi yang menentukan apakah calon itu layak atau tidak untuk diusung. ”Tapi kalau masa pendaftaran sudah ditutup, kami pastikan tidak ada calon tambahan,” katanya.

Mengenai rencana koalisi dengan Partai Golkar, Ngadiyono mengatakan prosesnya sudah 90% dan diperkirakan pekan kedua bulan April dideklarasikan. Saat ini, pihaknya masih menunggu pembicaraan lebih lanjut.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Marhendi mengatakan, hingga kini, pihaknya belum mendapat kepastian kapan koalisi dengan Partai Golkar akan dideklarasikan.

Namun, satu hal yang jelas, meski sempat merenggang, ketiga partai kini merapat kembali. Beberapa hal yang dahulu belum disepakati antara Demokrat dan Golkar, kini sudah disepakati.

Demikian pula yang dikatakan anggota Tim 15 Partai Golkar, Suhardono. Dia mengatakan, pihaknya masih pada komitmen awal untuk menjalin koalisi dengan PKS dan Demokrat. ”Kami tetap pada komitmen semula untuk menjalin koalisi dengan Demokrat dan PKS. Justru kami menunggu mereka. Kalau kami sendiri sudah siap,” katanya. - Oleh : Solopos

0 komentar: