Gempa Padang : Gubernur Jawa Barat serukan tobat nasional.

BANDUNG - Menyikapi gempa yang terus melanda Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyerukan tobat nasional.

Tobat, menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, perlu dilakukan mengingat bencana bukan hanya fenomena alam, melainkan juga disebabkan ulah manusia.

"Selain fenomena alam karena pertemuan atau pergeseran lempengan, ada ulah manusia. Jadi perlu ada tobat nasional," ujar Heryawan kepada wartawan, Kamis (1/10/2009). Manusia, sambung dia, memiliki andil dalam bencana.

Dari catatan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hari ini terjadi beberapa gempa susulan di daerah Sumatera. Di antaranya gempa berkekuatan 5,1 SR di Sipura, Mentawai. Gempa yang terjadi di kedalaman 10 kilometer tersebut terjadi pukul 10.34 WIB.

Ketika ditanya mengenai recovery pascagempa di wilayah selatan Jabar, Heryawan menjelaskan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih melakukan verifikasi data. Rencananya verifikasi akan selesai 15 Oktober mendatang.

"Kita akan upayakan agar dana segera cair, karena masyarakat membutuhkan dana tersebut," cetus dia.

Model penyaluran bantuan melalui kelompok masyarakat (pokmas). Untuk jenis bangunan yang akan dibangun pun pihaknya akan meminta bantuan ahli bangunan yang berpengalaman dalam recovery gempa Aceh dan Yogyakarta.


0 komentar: