Pasokan air kurang, PDAM minta izin ambil air WGM


Wonogiri

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Wonogiri meminta izin kepada Pemerintah daerah untuk mengambil air baku di Waduk Gajah Mungkur, mengingat pasokan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dinilai masih kurang.

Menurut Direktur PDAM, Sumadi mengatakan pihaknya menargetkan untuk mencukupi kebutuhan air untuk masyarakat, 80% akan dialokasikan di daerah perkotaan, sementara untuk daerah pedesaan yakni sekitar 60%.

Dia mengaku jumlah debit air maupun intensitas guna memenuhi kebutuhan air di masyarakat masih belum mencukupi. Sehingga pihaknya melayangkan surat kepada pemerintah daerah guna mendapatkan izin pengambilan air baku di Waduk Gajah Mungkur.

Dia mengatakan, surat izin tersebut nantinya akan direkomendasikan langsung dari Bupati.

“Pasokan air saat ini belum mencukupi sehingga harus ada pengambilan air baku tambahan,” jelasnya ketika dihubungi, Jumat (13/3).

Dia mengatakan, tahun ini PDAM Wonogiri akan mendapatkan bantuan dari pusat yakni Instalasi Pengaturan Air Langsung (IPAL).

Bantuan alat tersebut, sambung dia, akan dipasang di Nguntoronadi dan Baturetno. Lebih lanjut, sambung dia, pengambilan air di Waduk Gajah Mungkur yakni 20 liter per detik.
Diperkirakan hal tersebut akan mencakup kebutuhan di masing-masing unit pengelolaan air yakni 2.000 pelanggan. Sehingga, dengan adanya dua IPAL tambahan tersebut sedikitnya akan memenuhi kebutuhan 4.000 pelanggan.

0 komentar: