Jembatan Bulurejo butuh perbaikan

Bulukerto
Warga di wilayah Kecamatan Bulukerto, Wonogiri mendesak Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Provinsi Jateng secepatnya merehabilitasi jembatan di jalur pro­vinsi wilayah itu yang dinilai tidak layak lagi, terlalu sempit dan sudah lapuk termakan usia.

Berdasarkan pantauan, Minggu (6/3), jembatan yang ter­letak di Dusun/Desa Bulurejo itu memang tampak seperti jemba­tan yang sudah sangat tua. Lebarnya hanya 3 meter, panjang se­kitar 12 meter, sedangkan tinggi dari permukaan sungai di ba­wahnya sekitar 7 meter.

Pagar pembatas jembatan sangat rendah terbuat dari batu bata dan gamping, terlihat sudah retak-retak dan berlubang di bebe­rapa bagian. Lapisan aspalnya juga sudah mengelupas di sana-si­ni, tak berbeda jauh dengan kondisi jalan di sisi kiri maupun ka­nannya.

Jalan tersebut, ke arah selatan menghubungkan Bulukerto de­ngan Kecamatan Purwantoro dan Kabupaten Ponorogo, Jatim. Ke arah utara menghubungkan Bulukerto dengan wilayah Kabu­paten Magetan, Jatim. Lalu lintasnya tergolong cukup padat oleh kendaraan roda dua, mobil dan juga truk. Akibat sempit­nya badan jembatan, mobil apalagi truk yang melintas harus bergantian.

Belum direspons

Seorang warga Bulurejo, Wiyono, yang rumahnya persis di sebe­lah utara jembatan, saat ditemui wartawan, Minggu, mengaku ti­dak ingat sejak kapan jembatan itu berada di situ. Saat ini, lan­jut Wiyono, antrean kendaraan, baik dari sebelah utara maupun selatan jembatan, sudah menjadi pemandangan rutin sehari-ha­ri, terutama pada jam berangkat dan pulang sekolah. Sedang­kan pada hari pasaran pasar hewan, jalan itu penuh dengan truk pengangkut sapi maupun hasil bumi.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Bulurejo, Sunarto, mengaku pi­haknya sudah berkali-kali mengusulkan ke pihak terkait mela­lui Pemerintah Kecamatan Bulukerto agar jembatan itu diperbai­ki. Sebab, kondisi jembatan itu dinilainya sudah cukup meng­khawatirkan.

Namun, sampai sekarang usulan tersebut tak juga mendapat respons. “Jembatan itu sudah terlalu tua dan lapuk. Sejak diba­ngun, hanya dilakukan pemeliharaan. Bagian tengah jembatan sudah melengkung ke bawah. Sangat mengkhawatirkan.”

Camat Bulukerto, Sriyanto, membenarkan perbaikan jembatan itu sudah kerap kali diusulkan ke Pemkab Wonogiri supaya dite­ruskan ke BPT Bina Marga. Tapi belum ada respons.

0 komentar: